• 10

    Jan

    Nasehat Luqman Hakim

    Luqman Hakim adalah seseorang yang namanya diabadikan dalam sebuah surat dalam Al-Qur’an. Dia dikenal karena nasehat-nasehatnya. Tentu karena hal itu maka ia amat dikenal. Namun, dalam kesempatan ini yang akan saya tuliskan adalah point-point nasehatnya kepada anaknya. Maka dari itu, ini adalah sebuah tarbiyah bagaimana orang tua dalam mendidik anaknya. Fokus tujuan nasehatnya memang untuk anak, namun sebenarnya adalah mengajarkan orang tua tentang hal apa yang harus diajarkan kepada anak-anaknya. Ada hal utama yang Luqman sampaikan sebelum nasehat yang lain, yakni bersyukur (Luqman [31]:12), selanjutnya hal-hal inilah yang Luqman sampaikan dalam nasehatnya yang terdapat pada surah Luqman: 1. Jangan mempersekutukan Allah. (Luqman [31]:13) 2. Berbuat baik kepada dua orang ibu-bapak
  • 13

    Dec

    Antara 12 dan 13!

    Hai sobat blogger. Pa kabar ni? Lama gue udah kagak pernah buka blog ini, hal itu berarti udah lama juga gue kagak nulis di blog ini. Sebenernya, lama gak nulis atau gak pandai nulis ne? Hehehe :-) Oke.. Kembali kehari ini, kamis, 13 Desember 2012. Nah… Dari angka 13, banyak yang bilang angka sial tuhh..! Bener gak sich?? Sial atau kagak, no problem bagi gue. It’s oke! Semua tanggal maupun hari, pasti baik kok, tergantung kitanya aja yang melalui en ngejalaninya sobat blogger. Hai… Sobat, hari gue gak tau kenapa badan ne rasanya penat banget, secara masih pagi gitu tapi gak tau kenapa ni badan. Ahhh… Udah dech gak usah dibahas yang itu. Tapi tiba-tiba saya ingat kemarin, tepatnya rabu 12 Desember 2012 alias 12-12-12. Sepertinya kemarin tu jadi topik trending ya??
  • 21

    Jul

    Siapa Luqman al-Hakim???

    Siapakah Luqman al-Hakim yang sering disebut dalam Al-Qur’an??? Luqman (Arab لقمان الحكيم, Luqman al-Hakim, Luqman Ahli Hikmah) adalah orang yang disebut dalam Al-Qur’an surah Luqman [32]:12-19 yang terkenal karena nasihat-nasihatnya kepada anaknya. Ibnu Katsir berpendapat bahwa nama panjang Luqman ialah Luqman bin Unaqa’ bin Sadun.1
  • 21

    Jul

    Kenalan With Blogdetik

    BlogDetik, mungkin nama ini sudah tak asing lagi di telinga para peselancar dunia maya. Banyak sudah orang yang menggunakan BlogDetik untuk mengekspresikan diri mereka sendiri. Dari yang muda sampai yang tua pun ikut untuk mengekspresikan dirinya lewat BlogDetik, termasuk saya yang telah memiliki akun di BlogDetik. Walaupun sebelumnya saya juga telah memiliki akun blog di Blogspot. BlogDetik sendiri merupakan anak asuh dari situs berita online yang terkenal di Indonesia, tentu saja DetikCom Nah penasarankan apa itu BlogDetik? Mungkin dari namanya saja sudah bisa di ketahui bahwa “BlogDetik” adalah situs penyedia blog bagi siapa saja yang ingin menggunakannya. Fasilitas ini disediakan gratis oleh BlogDetik untuk s
  • 21

    Jul

    Keistimewaan Puasa Ramadhan

    Jika kita maknai, sungguh sangat banyak hikmah dari berpuasa maka dari itu saya hanya ingin sedikit berbagi mengenai hikmah puasa, yakni : Puasa adalah jihad Sabda Nabi : Berjihadlah kamu dengan lapar dan dahaga, sebab pahalanya sama dengan jihad fisabilillah. Dan tidak ada amal yang lebih dicintai Allah kecuali lapar dan dahaga. · Puasa itu perisai Sabda Nabi : Puasa itu perisai yang membentengi manusia dari neraka. Dan Puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan member pahala. (H.R Ahmad) · Puasa itu Syafaat Puasa dan bacaan Al-Qur’an itu keduanya akan member syafaat pada amnesia dihari kiamat. (H.R Ahmad) · Puasa itu ampunan Siapa yang berpuasa dibulan ramadhan karena iman dan mengharapkan ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya terdahulu. (H.R Ahmad dan Ashabus S
  • 21

    Jul

    Hanya yang Beriman

    Dalam kalangan umat Islam, maka tidak asing lagi jika mendengar kata “PUASA” dimana ibadah tersebut merupakan salah satu Rukun Islam yakni rukun ke-4 yang dilaksanakan dibulan ramadhan dan berakhir hingga tiba bulan syawal sebagai tanda hari kemenangan. Pengertian Puasa (shaum) menurut bahasa, adalah menahan atau mencegah. Menurut syariat agama Islam artinyamenahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisamembatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Dasar ibadah Puasa Firman Allah (Q.S Al Baqarah : 183) يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آم&
  • 19

    Jul

    Bawa Aku Kembali

    Ini juga merupakan hasil kaya keke yang akan saya abadika di blog saya, setelah sebelumnya saya menuliskan Surat Kecil Untuk Tuhan. ne sdia puisinya sis-gan.. Bawa Aku Kembali Bila ada tawa didunia ini Maka ada tangis disampingnya Bila ada keberhasilan didunia ini Maka ada kegagalan disampingnya Bila aku bisa memilih antara sekarang dan masa lalu Aku ingin kembali ke masa lalu Masa dimana aku masih hidup tanpa rasa sakit Masa dimana aku masih bisa menangis karena rasa haru Bukan karena kasihan melihat tangis orang tuaku Tuhan Hidupku mungkin hanya sesaat Namun biarkanlah hidupku menjadi cahaya bagi mereka Bagi siapapun yang kucintai Bawa aku kembali Tuhan Dalam masa indah itu walau hanya sesaat
  • 19

    Jul

    Surat Kecil Untuk Tuhan

    Hai sobat blogger.. Saya tiba-tiba teringat dengan sebuah film atau novel yang bahkan sudah kalian tonton atau telah berulangkali kaliand baca novel tersebut. Bagaiman seorang gadis tersebut mampu hidup dan bertahan selama 3 tahu bersama kanker yang ia derit.. Ya.. Dia lah GIta Sesa Wanda Cantika atau akrab dikenal dengan sebutan “Keke”… Nah.. Kali ini saya merepost tulisan terakhir Keke sebelum dia kembali pada-Nya.. Sebuah puisi kecil yang sungguh mampu membuat kita meneteskan air mata apabila kita melihat perjuagan hidupnya.. Surat Kecil Untuk Tuhan Tuhan… Andai aku bisa kembali Aku tak ingin ada tangisan didunia Tuhan… Andai aku bisa kembali Aku berharap tak ada lagi hal yang sama terjadi padaku terjadi pada orang lain Tuhan… Bolehkah aku menulis
  • 19

    Jul

    Manhaj Cinta

    Defenisi : Cinta yang berorientasi kepada tauhid atau jalan kasih yang bernilai ibadah (penghambaan) kepada Allah swt. What is the meaning of love??? Apa arti CINTA versi Anda????? Dengan cinta, manusia bias mulia, Dengan cinta pula manusia bias hina. Semua tergantung pada orientasi cinta tersebut. Allah A-Wadud (Yang Maha Pencinta) mengkaruniakan rasa cinta kepada kita, Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (Q.S Ali Imran:14) Dan menciptakan kita berpasang-pasangan. Akan tetapi, cinta kepada makhluk, materi, kekuasaan dll. T
  • 19

    Jul

    Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1433 H

    Holla sobat Blogger.. gimana ne kabarnya??? dah lama saya gak posting.. lagi galau jadi gak punya inspirasi untuk nulis blakangan ne.. heheheh Oke.. kali ini saya akan share seputar jadwal imsakiyah.. ayo… jadi lebih mudah liat jadwal imsaknya.. silahkan diliat sis and gan.. tapi kali ini saya share untuk daerah sei rampah (Serdang Bedagai) dan sekitarnya…. Tgl Imsak Subuh Terbit Dhuha Zuhur Ashar Magrib Isya’ 20 04:51 05:01 06:19 06:42 12:32 15:57 18:41 19:55 21 04:51 05:01 06:20 06:43 12:32 15:57 18:41 19:55 22 04:51 05:01 06:20 06:43 12:32 15:56 18:41 19:55 23 04:51 05:01 06:20 06:43 12:32 15:56 18:41 19:54 24 04:52 05:02 06:20 06:43 12:32 15:56 1
- Next

Author

Follow Me

Search

Recent Post